Membuat Camilan Elok Satu




Kue yang satu ini namanya memang sangat unik, yaitu kue satu. Sepintas makanan ringan cantik satu bentuknya seakan-akan dengan makanan ringan cantik bangkit. Kue satu merupakan makanan ringan cantik tradisional nusantara dari tempat Jawa Barat yang diwariskan secara turun temurun dari masyarakat yang masih kental dengan budaya Sundanya.

Kue satu biasanya menjadi menu khusus pada dikala Hari Raya Idul Fitri, program khitanan dan program tradisional kemasyarakatan Sunda lainnya. Kue satu rasanya cantik dan lembut dengan materi dasar kacang hijau sering dijadikan sebagai buah tangan khas dari Tanah Pasundan.

Diperlukan kesabaran ekstra untuk menciptakan makanan ringan cantik satu alasannya dalam proses pencetakannya, kue satu dibentuk satu per satu. Mungkin inilah yang menjadi asal muasal nama makanan ringan cantik satu, alasannya kuenya dicetak satu per satu.

BAHAN :

  • 200 gr kacang hijau, disangrai, kupas kulitnya
  • 175 gr gula halus
  • 2 sdm air
  • 1/4 sdt essence vanili


CARA MEMBUAT :

  1. Haluskan kacang hijau yang sudah disangrai dengan blender atau diulek.
  2. Campur dengan gula halus, vanili, air. Aduk rata lalu diayak.
  3. Cetak campuran di cetakan makanan ringan cantik satu sambil ditekan-tekan semoga padat.
  4. Keluarkan campuran dari cetakan, susun di atas loyang yang diolesi margarin secukupnya, lalu panggang dalam panggangan dengan suhu 150°C hingga kering.
  5. Biarkan makanan ringan cantik satu hingga mendingin untuk lalu disimpan dalam stoples.


Comments